- Selamat Datang di Situs Blog SMANSA Community Nunukan - Media Komunikasi Informasi Alumni dan Pelajar SMA Negeri 1 Nunukan Kalimantan Timur

Minggu, 26 April 2009

Bupati Yakin Siswa Dapat Nilai Bagus

Bupati Yakin Siswa Dapat Nilai Bagus
1.115 Siswa Kelas XII SMA Ikuti UN 2009

SMANSA COMMUNITY NUNUKAN - Mulai kemarin sampai 24 April mendatang, 1.115 siswa kelas XII SMA/MA dan SMK mengikuti Ujian Nasional (UN). Mereka dituntut untuk mendapatkan nilai lebih baik, karena standar nilai rata-rata nasional tahun ini meningkat menjadi 5,5. “Saya yakin, siswa di Nunukan bisa mendapatkan nilai bagus. Naiknya standar rata-rata nasional ‘kan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, biar kualitas SDM juga meningkat,” jelas Bupati Nunukan Abd Hafid Achmad, saat meninjau pelaksanaan UN, kemarin. Bupati didampingi Kadiknas Walidjo dan Kabag Humas dan Protokol Jafar, serta Kepsek SMA 1 Nunukan Syaharuddin dan pengawas dari Diknas Provinsi Kaltim. Diakui, dari pengalaman-pengalaman sebelumnya di beberapa daerah, memang terdapat nilai siswa yang kurang bagus. Tapi Pemkab Nunukan tetap berupaya untuk mendapatkan nilai baik sesuai yang diinginkan.

Ditambahkan, dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah, pemberi ilmu atau guru dan penerima ilmu atau siswa, harus memiliki konsisten dan benar-benar menekuninya, agar hasil yang didapat sesuai harapan. “Jadi antara guru dan siswa, harus memiliki suatu kerjasama yang baik,” katanya, sebelum melanjutkan peninjauan ke SMK. Kepsek SMA 1 Nunukan Syaharuddin menjelaskan, sekolah yang dipimpinnya masuk dalam sub rayon I Nunukan. “Terdiri dari SMA 1 sebanyak 12 ruangan dengan 232 siswa, SMA Pancasila 6 ruang dengan 106 siswa dan SMA Katholik Santo Gabriel 4 ruang dengan 51 siswa. Jadi jumlahnya 389 siswa,” terangnya.

Kadiknas Walidjo menuturkan, dari 1.115 siswa tersebut, 982 siswa di antaranya merupakan siswa SMA dan 133 siswa sisanya siswa SMK. “Jadi, jumlah keseluruhan SMA/MA dan SMK yang ikuti UN tahun ini 1.115 siswa,” katanya. Sama dengan UN yang lalu, mata pelajaran yang diujikan untuk UN siswa SMA/MA dan SMK yakni Bahasa Indonesia, Matematika dan Bahasa Inggris. Untuk program IPA di SMA/MA ditambah dengan mata pelajaran Kimia, Fisika dan Biologi. Sedangkan program IPS, ditambah dengan Geografi, Ekonomi dan Sosiologi.

Kemudian SMP/MTs sederajat akan mengikuti Ujian Nasional 27-30 April mendatang, berjumlah 1.924 orang. “Untuk tingkat SMP/MTs, mata pelajaran yang diujikan yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA,” ungkapnya. Bagi siswa yang tidak dapat mengikuti UN, dengan alasan sakit atau alasan lain yang bisa diterima, bisa mengikuti ujian susulan pada 27 April-1 Mei untuk SMA/MA dan SMK pada 27-29 April. Sedangkan UN susulan untuk SMP digelar pada 4-7 Mei. (dew)

Tidak ada komentar:

- SMANSA Community Nunukan - Media Komunikasi Informasi Alumni dan Pelajar SMA Negeri 1 Nunukan Kalimantan Timur